Saturday, April 24, 2010

Bahasa Indonesia bahasa nasional kita

Sebagai bangsa yang terdiri dari banyak suku bangsa dan secara otomatis memiliki beragam bahasa lokal untuk berkomunikasi, maka patutlah bangsa Indonesia berbangga karena memiliki satu bahasa yang berfungsi aktif menghubungkan suku bangsa yang satu dengan suku bangsa yang lain. Uniknya bahasa pemersatu yang dimiliki bukanlah merupakan produk bahasa milik negara lain, tetapi merupakan produk bahasa yang berakar dan berkembang dari negeri kita tercinta, Indonesia.
Jika beberapa tahun silam Bahasa Indonesia merupakan bahasa kedua dan bahkan merupakan bahasa asing untuk penutur bahasa Indonesia,karena sebagian besar penduduk Indonesia lebih suka menggunakan bahasa lokal sebagai bahasa pengantar di antara mereka, namun saat ini bahasa Indonesia bukan merupakan bahasa kedua atau bahasa asing lagi, karena dapat dipastikan semua orang mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, maka dapat disimpulkan bahwa bahasa Indonesa merupakan bahasa ibu dari penutur bahasa Indonesia.
Menyadari situasi yang demikian, cukup patut kita berbangga dengan perkembangan bahasa Indonesia, Namun kita tidak boleh hanya bersikap bangga saja dengan keadaan atau kedudukan bahasa Indonesia yang seperti demikian, tetapi kita harus tetap mempelajari, menguasai dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.
Karena amat memungkinkan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang mati, ini disebabkan pola pemikiran baru yang mengatakan bahwa mempelajari dan menggunakan bahasa Indonesia tidak memberikan nilai tambah bagi penutur bahasa.
Bangsa kita mulai berpacu keras mempelajari bahasa Inggris lebih baik daripada bahasa Indonesia. Ini terbukti bahwa nilai tertinggi bahasa Inggris jauh lebih baik dari dari pada pemerolehan nilai bahasa Indonesia.
Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, dapat dipastikan posisi bahasa Indonesia akan bernasib sama dengan nasib bahasa daerah (Jawa),
Mengingat fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu antar suku bangsa di negeri tercinta kita ini, sudah sepatutnya penutur bahasa Indonesia tidak hanya sekedar bisa berbahasa Indonesia tetapi juga harus mempelajari dan menguasai bahasa Indonesia.

No comments:

Post a Comment