Wednesday, December 22, 2010

Siapa Pemakai Bahasa Indonesia...??

Bahasa Indonesia, Bahasa nasionalku, ungkapan itu sering diperdengarkan ketika saya masih anak-anak dan memasuki sekolah dasar. Dan di jaman itu, jarang sekali seseorang menggunakan bahasa lain ketika berada di lingkungan sekolah. Kami selalu menggunakan Bahasa Indonesia ketika berbicara satu sama lain, walau terkadang saya masih mendengar bahasa lokal (bahasa Jawa) terkadang diucapkan tapi bukan di dalam kelas, hanya sebagai bahasa tuturan tidak resmi, tapi jelas penggunaan bahasa Indonesia amat sangat intensif.
Terlebih beberapa media cetak justru memberikan khusus pembinaan Bahasa Indonesia, yang memberikan penjelasan mengenai penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia seperti mendapat perhatian lebih.Tidak hanya media cetak media elektronik pun saat itu (seperti TV) memberikan porsi yang sama dalam pensosialisasian penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Namun jaman sudah berubah, dulu kita pernah meng-impikan mengenai kemungkinan Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa pengantar internasional, dan sepertinya mimpi itu memang benar-benar mimpi. Perjalanan penggunaan Bahasa Indonesia semakin terpuruk terlebih, sepertinya dunia pendidikan juga tidak mendukung adanya penggunaan Bahasa Indonesia. Lihat saja sekarang ini mulai bertaburan sekolah yang menggunakan label bertaraf internasional atau nasional plus baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta, yang nota bene mengutamakan mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran utama di samping mata pelajaran lain, penggunaan jam pelajaran Bahasa Inggris semakin diperbanyak meliputi teori (grammar) maupun praktek ( speaking dan listening). Sedangkan pelajaran Bahasa Indonesia semakin tidak jelas akan dikemanakan,Bahasa Indonesia disampaikan hanya sebagai tuntutan untuk memenuhi UNAS, jika seandainya Bahasa Indonesia bukan merupakan mata pelajaran yang diUNAS kan, bisa dibayangkan Bahasa Indonesia akan ditinggalkan oleh pemilik dan pemakai bahasa asli Indonesia sendiri.
Jika suatu ketika ada ungkapan "Siapa Pemakai Bahasa Indonesia?" pastilah akan dijawab dengan jawaban "ITU DULU DIPAKAI OLEH BANGSA INDONESIA" tapi sekarang entah dipakai oleh siapa. Ironis sekali. jika dulu ada pepatah yang mengatakan bahasa menunjukkan bangsa, Akankah kita akan kehilangan salah satu identitas kita sebagai bangsa Indonesia? Amat disayangkan jika hal itu terjadi.
Jika saja, kita sadar bahwa untuk menguasai bahasa asing yang paling mudah adalah mengenal karakteristik bahasa sendiri dan membandingkannya dengan karakteristik bahasa kedua yang akan dipelajari akan jauh lebih efektif untuk mempelajari bahasa kedua tersebut.

No comments:

Post a Comment